Jumat, 25 November 2011

Etika Sopan Santun dalam Kehidupan Bermasyarakat

Etika merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan upaya menentukan perbuatan yang dilakukan manusia untuk dikatakan baik atau buruk. Etika sopan santun tentunya telah kita dapatkan dari lingkungan keluarga, karena dari situlah kita memperoleh dasar pelajaran yang pertama kalinya sebelum di lingkungan sekolah.

Etika sopan santun dianggap penting karena merupakan suatu cara agar kita dapat berbaur dan diterima masyarakat dengan baik. Sehingga setiap orang bisa saling menghargai untuk mewujudkan hubungan yang baik dan menjaga ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat. Etika ini berlaku hampir di setiap lapisan masyarakat meskipun banyak perbedaan didalamnya, seperti adat dan kebiasaan.

Meskipun pola masyarakat berbeda-beda dan dapat berubah tetap saja mereka dapat menilai dan melihat etika sopan santun seseorang. Contohnya ketika kita sedang berjalan kaki melewati orang lain, seharusnya kita membungkukan badan. Begitupun saat kita masuk ke rumah orang lain, seharusnya kita mengetuk pintu dan memberi salam serta meminta izin. Dalam bertamu juga, sebaiknya jangan dilakukan pada malam hari. Dalam masyarakat tertentu, bersendawa ketika makan seharusnya tidak dilakukan. Begitu juga saat sedang mendapat teguran dari orang tua, lebih baik menundukkan muka. Maksud dari tindakan-tindakan tersebut adalah untuk menghormati, mengahargai dan tidak mengganggu.

Etika sopan santun tidak diatur dalam hukum formal sehingga tidak ada yang menjadi patokan mengenai hal tersebut. Karena itu makna etika sopan santun dalam kehidupan bermasyarakat pun berbeda satu dengan yang lain.
Beberapa cara dapat kita lakukan untuk memahami etika sopan santun yang berlaku dalam masyarakat tertentu diantaranya :
1.Sebaiknya tidak menonjolkan kelebihan diri sendiri, tetapi bersikap rendah hati
2.Mempelajari terlebih dahulu etika sopan santun dalam masyarakat tertentu melalui berbagai media yang ada sebelum kita berbaur dengan mereka
3.Bertanya langsung tentang kebudayaan masyarakat tertentu kepada orang yang tepat
4.Bergabung dengan organisasi kemasyarakatan.

Dengan memahami etika sopan santun, kita dapat dengan mudah masuk ke dalam suatu lingkungan masyarakat tertentu. Karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan dalam kehidupan bermasyarakat. Dan rasa saling menghormati serta memahami satu sama lain merupakan dasar dari kehidupan bermasyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar